Selamat Datang di Blog Teknologi Anda saat ini berada di Blog yang membahas tentang teknologi teori , terapan dan perkembangannya


15 Maret 2009

Membuat back to top pada web atau blog (named anchor)

 

Fungsi code html berikut sangat bermanfaat buat para webmaster website or blog. Melalui " named anchor" inilah anda telah menambahkan aksesori yang memberi kesan bahwa web atau blog anda lebih terlihat professional, yah paling tidak terkesan diatas rata2. :)
Anda dan saya yang telah memiliki web/blog pasti setuju jika ingin memanjakan para guest atau tamu yang mengunjungi blog anda sehingga mudah2an mereka akan royal terhadap waktu dan kunjungan baliknya. :)
Fungsi named anchor itu sendiri terkesan sederhana yaitu berisi link atau alamat, namun link itu terjadi/tertuju hanya pada halaman yang aktif terbuka pada web atau blog itu sendiri dan menuju suatu area atau posisi dimana link penunjuk itu berada ; misalnya diatas page atau di bawah page !!
Sehingga fungsi ini sangat cocok diletakkan di bawah artikel atau di akhir postingan pada blog kita atau jika anda pandai anda dapat meletakkannya di bawah halaman utama blog anda. sehingga fungsi ini sedikit membantu bagi pengunjung blog kita yang serius membaca artikel dan postingan kita.
Biasanya text link tersebut berupa : ( anda pasti sudah kenal )
1. kembali keatas
2. kembali ke awal page
3. back to top
4. dll
This html code :

clip_image002

Note :
* warna merah;
pada baris ke-1 menunjukkan nama "named anchor" yang nantinya akan dipanggil.
pada baris ke-2 menunjukkan alamat link tujuan ketika text link di klik.

* warna hitam tebal (kembali ke atas) merupakan text link, yang dapat anda ubah dan ganti seperti back to top

Panduan :

1. Baris pertama html code diletakkan sebagai tujuan dari text link (misalnya anda letakkan diatas posting, diatas halaman utama web/blog, dll).

2. Baris kedua html code diletakan di manapun sesuka anda, nantinya akan tampil di browser suatu text link yang menuju ke posisi dimana kode baris pertama anda letakkan pada halaman yang sama.

Praktekkan ( copy & paste ) kode html berikut :

<p><a name="backtotop"></a></p><p><a href="#backtotop" title="back top">kembali ke atas</a> </p>

Berikut outputnya pada browser anda :

kembali ke atas (awal posting)

Selamat mencoba dan Semoga berhasil ... :)
html code is very easy

0 komentar:

Blog ini milik Ari Daryanto