Selamat Datang di Blog Teknologi Anda saat ini berada di Blog yang membahas tentang teknologi teori , terapan dan perkembangannya


15 Maret 2009

Membuat sharing folder/drive pada jaringan LAN

 

Sesuai namanya sharing yang berarti berbagi, sharing folder/drive adalah suatu folder/drive tertentu pada suatu komputer yang sengaja di buat untuk dapat diakses bersama (sharing=berbagi) didalam jaringan local area network.
Saya buat perumpamaan kita mensharing drive e: atau cd-rom pada komputer “A”, maka drive yang sudah disharing pada komputer A tersebut dapat kita akses atau kita jelajah melalui komputer B, C, D, Etc (komputer lainnya) di dalam satu jaringan (LAN).
Apa saja manfaat sharing folder/drive ini ?
Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari fasilitas ini, yaitu :
1. Memudahkan didalam pengelolaan/management folder/drive pada jaringan.
2. Dengan fasilitas ini kita tidak perlu mencopy suatu file/folder dari satu komputer kedalam media penyimpanan (flashdisk, disket, cd, dll) untuk selanjutnya kita buka pada komputer lainnya,
3. Sentralisasi drive (floppy & cd-room) untuk selanjutnya di sharingkan.
4. Dll.

Apa saja resiko Mensharring folder/drive ?
1. Kehilangan folder dan file-file, yang terdapat pada folder sharring ..?
2. Dapat dimanfaatkan oleh virus serta kroni-kroninya yang dapat membuat sarang/bercokol pada folder/drive yang disharring dan biasanya ber-asal dari komputer didalam jaringan yang tingkat securitynya rendah.
3. dll
Langkah-langkah mensharing folder atau drive :
1. Buka aplikasi windows explorer
2. Pilihlah folder atau drive yang ingin anda sharing
3. Klik kanan folder atau drive tersebut, lalu pilih “properties”
4. Pada kotak properties yang terbuka kliklah tab “Sharing”, lalu klik link “if you understand ...” beri tanda cawan pada “Share this folder on the network”, lalu pada kolom “Share name” (isikan nama folder sesuai keinginan), sebagai optional beri tanda cawan pada “Allow network user to change my files” jika anda mengijinkan para user pada jaringan untuk dapat memodifikasi penuh (add, delete, dll) file anda.
5. Akhiri dengan mengklik tombol “OK”.
Bagaimana caranya mengakses sharing folder/drive pada komputer yang berbeda ?
1. Cara termudah yaitu melalui windows aplikasi “RUN” (klik start >> Run), yaitu dengan mengetikkan “\\ip. Address komputer yang di sharing (enter)”
contohnya : \\192.168.1.100
pada aplikasi windows explorer yang muncul double click folder/drive yang telah di sharing.

0 komentar:

Blog ini milik Ari Daryanto