Selamat Datang di Blog Teknologi Anda saat ini berada di Blog yang membahas tentang teknologi teori , terapan dan perkembangannya


05 Desember 2008

Mikrokontroler Keluarga MCS-51

Pada saat ini terdapat cukup banyak mikrokontroler yang sangat populer, misalnya keluarga MC68HC11 buatan Motorola, keluarga Mikrokontroler MCS-51 yang aslinya buatan Intel, keluarga PIC buatan MicroChip, keluarga AVR buatan Atmel dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak keluarga mikrokontroler tersebut, yang banyak digemari salah satunya adalah keluarga MCS-51 buatan Intel. Mikrokontroler ini pertama kali dibuat oleh Intel dengan nama 8051, 8031, 8052. Tetapi sekarang Intel sendiri sudah tidak memproduksinya lagi. Saat ini banyak perusahaan yang membuat MCS-51 dengan versinya sendiri-sendiri.

Berbeda dengan sistem komputer, yang mampu menangani berbagai macam program aplikasi (misalnya pengolah data, pengolah angka dan lain sebagainya), mikrokontroler hanya bisa digunakan untuk suatu aplikasi tertentu saja (hanya satu program saja yang dapat disimpan).

Atmel merupakan salah satu perusahaan pembuat IC yang mengembangkan mikrokontroler keluarga MCS-51. Atmel banyak memproduksi Flash Programmable and Erasable ROM (Flash PEROM) yaitu sejenis EPROM yang harganya sangat murah dan mudah pemakaiannya. Flash PEROM sejenis inilah yang dipakai untuk menyimpan BIOS semua PC saat ini.

Atmel memasukkan Flash PEROM ini ke dalam MCS-51 buatannya yang diberi nama AT89C51, AT89C52, AT89C2051, AT89S51 dan sebagainya.


0 komentar:

Blog ini milik Ari Daryanto